Rabu, 03 Januari 2024

Terlalu Lama Melihat Layar Gadget, Bikin Mata Terasa Sepet.

https://www.pexels.com/id-id/foto/siswa-perempuan-menderita-sakit-kepala-di-rumah-3808016/


Tak bisa dipungkiri, di era digital yang semakin berkembang ini, segala hal semakin dipermudah. Jadi ingat momen lebaran 15 tahun yang lalu, beli tiket kereta harus rela berangkat subuh untuk mengantri. Kalau di era ini,  untuk war ticket Coldplay, anda cukup menunggu didepan layar monitor. Dulu, ketika anda kesulitan memperbaiki barang elektronik, Anda akan membaca buku panduan untuk memudahkan. Sekarang, cukup search di Google atau lihat video di Youtube untuk mencari tahu caranya. Sekarang bekerja dirumah berbekal smart phone atau laptop saja, anda bisa mendapatkan cuan! 

Namun, apakah kemudahan ini tidak memberikan resiko? Apalagi resiko pada mata anda, jendela dunia Anda. Indera penglihatan yang mendominasi kegiatan anda sehari-hari, termasuk mengikuti era digital ini. Seringkali keluhan yang Anda rasakan ketika terlalu sering menggunakan gadget adalah mata kering.

https://unsplash.com/photos/a-man-holding-a-pair-of-glasses-up-to-his-face-NwIExsCqXdM


Dilansir mayoclinic.org, mata kering adalah kondisi ketika air mata tidak mampu memberikan pelumas pada mata. Ketidakmampuan ini terjadi akibat peradangan atau kerusakan pada permukaan mata. Penyebab mata kering karena banyak faktor, antara lain ; terlalu fokus melakukan aktivitas seperti membaca, melihat layar gadget, dan lainnya sehingga jarang berkedip, berada di ruangan AC terlalu lama, atau bahkan penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang.

Gejala mata kering ini adalah sebagai berikut :

    1.Muncul sensasi perih atau sepet di mata

    2.Mata terasa pegel

    3.Penglihatan anda terasa kabur atau buram

    4.Kesulitan memakai lensa kontak

    5.Mata berair tak terkendali, merupakan respon tubuh anda ketika muncul iritasi pada mata.

Jangan anggap remeh jika anda mengalami gejala mata kering diatas. Apabila mata kering tidak diatasi, dapat menyebabkan peningkatan risiko infeksi mata dan bahkan abrasi pada permukaan kornea mata. Bahaya mata kering juga dapat mempersulit kegiatan anda dalam membaca, menggunakan gadget dan berkendara.

Gejala Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusinya (rnuryafaq/canva.com)


Untungnya, hadir Insto Dry Eyes sebagai #SolusiMataKering. Dalam kemasan 7,5 ml , Insto Dry Eyes mengandung Hydroxpropyl Methylcellulose 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.01 mg , memiliki manfaat yaitu :

    1. Mampu memberikan efek pelumas seperti air mata 

    2. Mengatasi gejala mata kering

    3. Meringankan iritasi mata yang disebabkan kekurangan produksi air mata

    4. Dapat digunakan sebagai pelumas pada mata palsu.

Sebelum menggunakan Insto Dry Eyes, lepas lensa kontak anda, gunakanlah kembali setelah 15 menit obat diteteskan.

Selain sedia selalu #InstoDryEyes, hindarilah hembusan udara AC, kipas angin, pengering rambut ke arah mata. Gunakanlah kaca mata anti radiasi saat anda menggunakan gadget. Istirahatkan mata anda paling tidak 5-10 menit setelah 1 jam fokus melakukan aktivitas. Hindarilah penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu yang lama, serta jauhilah asap rokok dan asap polusi kendaraan.  

Kenali gejala mata kering sebelum menjadi drama!


EmoticonEmoticon