Rabu, 29 November 2023

6 Tips Mengajak Si Kecil Berpergian Dengan Pesawat

Setelah melahirkan dan mengurus segala urusan newborn, pasti akan mulai muncul rasa penat dan rindu traveling. Atau karena hal mendesak, Mom harus membawa si kecil melakukan perjalanan lebih dari satu malam dan menggunakan transportasi umum yaitu Pesawat.

Terus kira-kira apa aja sih yang harus dipersiapkan ? 

Yuk Moms, mari kita simak artikel berikut ini.

6 Tips Mengajak Si Kecil Berpergian Dengan Pesawat
1. Mencari jadwal keberangkatan yang tepat.

Cobalah memilih jadwal yang jauh dari jam makan anak. Akan lebih baik jika perjalanan anda tepat di jam tidur si kecil.
Namun jika jadwal anda delay atau jadwal perjalanan Mom tepat pada jam makan anak. Maka persiapkan 1 kotak bekal makanan dan Moms bisa menyuapi si kecil di ruang tunggu atau restoran. Cari tempat yang memfasilitasi baby chair agar memudahkan si kecil untuk makan.
Sediakan juga snack ringan kesukaannya, buah potong yang tidak terlalu benyek dan botol minum.

6 Tips Mengajak Si Kecil Berpergian Dengan Pesawat

2. Mengemas Pakaian tidak berlebih dan sediakan 1 Tas Ransel kebutuhan anak di kabin pesawat.

Ketika berpergian dengan anak, Mom pasti ingin membawa segala kebutuhannya bahkan hingga 1 almari penuh kalau bisa ?! Hal ini wajar kok, Mom, karena Mom khawatir jika ada barang-barang yang ternyata dibutuhkan saat berpergian. Tapi ingat, kita punya maksimal beban bagasi ya Mom.
Cukup membawa peralatan dan pakaian yang dibutuhkan saja, Moms. Coba Mom buat list kebutuhan anak, misalkan ;

  • Hitung jumlah hari (include perjalanan) berpergian Mom dan keluarga.
    Ini bisa membantu Mom menghitung jumlah pakaian, underwear, diapers yang dibutuhkan.
    Atur saja 2 setel pakaian untuk sehari (termasuk underwear/diapers). Kalikan jumlah hari berpergian. Tambahkan 2 setel pakaian cadangan.
    Jangan lupa, jika Mom berpergian ke daerah dingin, siapkan pula jaket dan kaos kaki nya.
    Jika berencana ke pantai, siapkan pula swimsuitnya.

  • Siapkan toiletries dalam bentuk travel size.
    Karena toiletries, alat make up adalah hal yang penting. Coba Moms ambil produk yang penting-penting saja dan pindahkan kebutuhan toiletries Mom dan keluarga ke wadah lebih kecil.
    Hal ini akan menghemat sedikit space di koper anda.

  • Jangan lupa siapkan obat-obatan yang diperlukan.
    Jangan lupa Mom menyediakan 1 pouch dengan isi obat dan kebutuhan medis yang diperlukan. Misalnya ; termometer, obat penurun panas, inhaler atau sebagainya

  • Sediakan 1 ransel kebutuhan si kecil yang diletakkan di kabin pesawat.
    Peraturan pesawat akan melarang Mom untuk membawa rokok, senjata tajam, cairan diatas 100ml, kendaraan kecil dengan baterai litium seperti airwheel dsb.
    Bawalah susu, camilan atau kebutuhan anak dalam jumlah yang wajar. Meski beberapa armada memperbolehkan penumpang membawa susu dsb, namun Mom harus tetap menunjukkan pada pihak petugas (beserta si kecil juga).

3. Siapkan Gendongan Bayi Terbaik atau Stroller Travel Friendly

Gendongan dan stroller ini alat bantu Mom dalam bergerak meski ditempat sempit seperti di pesawat. Pilihlah gendongan yang ringan dan tidak membuat pundak Mom dan Dad sakit. Atau stroller yang mudah dilipat dan di set up.

Ergobaby 360 Cool Air Mesh Carrier - Chambray

  • Ergobaby 360 Cool Air Mesh Carrier - Chambray
    Gendongan SSC satu ini adalah gendongan andalan author sejak 6 tahun yang lalu. Mudah pemakaiannya, ringan dan mudah dilipat. Tidak membuat pundak Mom sakit bahkan jika menggendong lama sekalipun. Free hands sehingga Mom bisa sambil membawa koper. Tinggal menambahkan nursing cover jika Mom ingin menyusui anak sambil menggendong.

    Stroller Babyelle Matrix 515 Kereta Dorong Bayi Cabin Size

  • Stroller Babyelle Matrix 515 Kereta Dorong Bayi Cabin Size
    Stroller milik Babyelle ini dibanderol dengan harga 1 jutaan. Sudah dilengkapi dengan fitur yang mewah dan lengkap. Tidak hanya ukurannya yang cabin size, stroller ini juga dapat dilipat dengan 1 tangan. Beratnya tidak sampai 7kg, pembelian stroller ini juga disertai dengan travel bag-nya.

4. Siapkan Botol susu atau Nursing Cover

Saat take off atau landing, pastikan si kecil mengisap sesuatu. Selain membuat si kecil nyaman, hal ini juga bisa mengurangi tekanan telinga bagian tengah si kecil.
Jika si kecil terbiasa minum dari botol susunya, pastikan ia mengisap susu. Tapi jika ia terbiasa direct breastfeeding, jangan lupa membawa nursing cover ya, Moms. Selain membuat Moms nyaman dalam menyusui si kecil. Nursing Cover ini juga bisa dialih fungsikan sebagai selimut ringan si kecil.
Author juga merekomendasikan beberapa merek Nursing Cover nyaman berikut ini.

Malilkids Selimut Bayi Blanket Clip & Go 3in1 Diamond Series

  • Malilkids Selimut Bayi Blanket Clip & Go 3in1 Diamond Series
    https://shope.ee/8UieWiCt7https://shope.ee/8UieWiCt7khttpDibanderol dengan harga Rp. 120 ribuan saja, Moms bisa memiliki kain berkualitas tinggi dengan 3 manfaat sekaligus.
    Malilkids Selimut Bayi yang dilengkapi hoody ini berbahan kain kaos yang lembut dan tidak terlalu tebal namun bisa menghangatkan si kecil. Selain dapat dijadikan apron menyusui, Malilkids Selimut bayi ini dilengkapi dengan Clip agar mudah disematkan sebagai penutup pada stroller atau car seat.
    Malilkids ini juga tidak memakan space banyak di tas sehingga mudah dibawa kemana saja.

5. Mencari Penutup Telinga yang baik

Menurut Noise Navigators Sound Level Database, tingkat kebisingan yang terjadi di kabin pesawat dapat berkisar diantara 75-92dB . Bahkan NIOSH (National Institute for Occupational Safety and Health)  merekomendasikan bahwa manusia tidak boleh terpapar lebih dari 8 jam pada tingkat kebisingan 85dB.
Oleh karenanya, jika berpergian dengan si kecil, sangat disarankan untuk menggunakan penutup telinga demi menjaga perlindungan gendang telinga si kecil.

SCOORA Cronos Baby Earmuff

  • SCOORA Cronos Baby Earmuff
    Baby Earmuff milik SCOORA ini adjustable dengan lingkar kepala bayi. Cocok digunakan usia 0 bulan hingga 4 tahun. Dapat meredam kebisingan hingga
    rating 26dB. Disertai dengan pilihan warna yang lucu dan menggemaskan.

Baby Earmuff ini selain bisa digunakan untuk meredam kebisingan didalam pesawat. Alat ini juga bisa digunakan si kecil ketika berada di tempat bising, seperti saat hajatan dengan musik live semalam suntuk, area main petasan bahkan saat malam takbiran sering kali diadakan pawai takbiran dengan speaker menggelegar.

6. Bawa Mainan atau Buku Kegemaran Anak

Ajak anak membaca dan bermain bersama agar mengurangi rasa bosan si kecil ketika dalam perjalanan. Tentu saja mainan dan buku yang dibawa secukupnya saja ya Moms, jangan sampai membuat repot Moms untuk membereskannya saat hendak landing.
Untuk anak anak dibawah 2 tahun, Moms bisa membawakan boneka, mobil, teether atau buku kesayangan si kecil. Untuk anak diatas usia 2 tahun, Mom bisa membawakan mereka busy book atau busy toys yang ringkas.

 [Campbell] Busy Baking - Push Pull Slide Board Book

  • [Campbell] Busy Baking - Push Pull Slide Board Book
    Busy book milik Campbell ini sudah dibedakan sesuai dengan tahapan usia. Buku ini dilengkapi feature-feature seperti menarik, mendorong, menggeser kekanan dan kiri gambar. Sehingga mampu mengalihkan kebosanan anak dalam perjalanan.

Littlekibo - Busy Cube Baby

  • Littlekibo - Busy Cube Baby
    Produsen mainan edukasi milik anak negeri selain membuat busy cube, ia juga memproduksi berbagai mainan edukasi lainnya. Mainan edukasi milik Littlekibo ini selain aman dan mampu mengurangi kebosanan anak, ia juga mampu melatih konsentrasi dan kesabaran anak.


EmoticonEmoticon